Sabtu, 09 Mei 2009

Perlu Kecerdasan Keuangan Di Masa Krisis

Sebagai pemain internet marketing saya perlu kecerdasan keuangan agar tidak stress di masa krisis global yang mulai berimbas pada Indonesia ini, Bagaimana dengan Anda?. Menurut buku yang saya beli tersebut bahwa orang yang punya banyak uang bisa kehilangan uangnya dengan cepat saat ini, bukan karena ceroboh seperti uang terjatuh di jalan atau tertipu dalam investasti online yang tidak dibayar, melainkan karena sistem ekonomi yang berantakan, seperti nilai saham yang tiba-tiba rontok.

Sepertinya masih terlalu berat untuk saya bahas lebih detail tentang kecerdasan keuangan di blog saya Internet Marketing Indonesia ini. Jadi saya akan tuliskan sedikit contoh saja. Misalnya begini: Dari pada kita membiarkan suatu website internet marketing yang telah kita beli menjadi expired karena tak terurus kemudian rugi sekitar Rp200.000, kita dapat menyelesaikannya dengan menyewa penulis dan menyewa orang untuk mempromosikannya agar ramai dengan harga Rp200.000 lagi kemudian website tersebut menghasilkan Rp500.000. Langkah membiarkan website dengan nama domain bagus jadi expired adalah kurang cerdas secara keuangan (rugi). Sedangkan mencari langkah untuk tetap membuatnya profit tanpa mengerjakan segala sesuatunya sendirian adalah langkah yang lebih cerdas agar uang investasi awal tidak melayang melainkan menjadi produktif.

Tentu banyak contoh lain yang mudah dimengerti tentang kecerdasan keuangan ini. Menabung di bank dengan uang Rp200.000 (seharga website) akan membuatnya mungkin habis tahun depan. Membelanjakannya untuk berinvestasi dalam trend internet marketing atau untuk belajar internet marketing dan menghasilkan Rp1.000.000 setahun saja, plus meningkatnya ketrampilan pemasaran jangka panjang adalah langkah yang menurut saya luar biasa cerdas.

Belajar dari seseorang secara gratis dan tidak mendapatkan profit dari hasil belajar tersebut adalah kurang cerdas, dibandingkan dengan belajar internet marketing di tempat yang bagus dengan membayar sejumlah uang kemudian bisa menghasilkan sedikit diatas biaya belajar merupakan langkah cerdas secara hitung-hitungan keuangan juga. Jangan takut untuk mengeluarkan uang, untuk suatu hasil yang telah terukur akan dapat kembali dengan profitnya, walaupun resiko gagal tetap tak dapat dihilangkan 100 persen. Karena memang usaha internet marketing perlu modal uang juga.

Memilih fokus dan konsisten pada usaha internet marketing untuk mendapatkan hasil jangka panjang jauh lebih cerdas secara kuangan. Membeli produk-produk informasi yang berkualitas dan mendukung kegiatan internet marketing Anda juga langkah kecerdasan keuangan. Bandingkan dengan membiarkan diri kita terombang-ambil di belantara jutaan informasi di internet, tidak fokus, cepat tergoda bisnis baru yang belum teruji, lalu kemudian teler karena mabok informasi dan tidak menghasilkan secara signifikan, bahkan dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah kekurangan uang karena gagal berbisnis.

Kecerdasan keuangan berkaitan dengan pandai atau tidaknya kita memecahkan masalah-masalah keuangan, baik masalah kekurangan uang atau masalah kelebihan uang. Kelebihan uang saat ini akan sangat cepat hilang kembali di internet marketing ini jika Anda tidak memiliki kecerdasan keuangan yang bagus. Kecedasan keuangan adalah Aset terbaik yang perlu dimiliki di jaman ketidakpastian ekononi karena imbas krisis global ini. Sebagai internet marketer yang juga ditengah ketidakpastian tersebut Anda dan saya perlu kecerdasan keuangan yang lebih tinggi.

Untuk lebih detailnya, Anda dapat membeli bukunya: Increase Your Financial IQ oleh pak Robert T Kyosaki di toko buku terdekat di kota Anda.

sumber: marketinginternetindonesia.com

Comments :

0 komentar to “ ”


Posting Komentar