Jumat, 08 Mei 2009

Mengubah HP anda Jadi BLACK BERRY, GRATIS!!


Gara-gara banyak selebritis Hollywood pake BlackBerry, benda ini seakan jadi simbol status sosial di komunitas tertentu. Sebenarnya fungsi BlackBerry simple saja; membuat email jadi seperti SMS, jadi dimanapun Dan kapanpun email yang ditujukan pada pengguna akan diterima sesaat
setelah dikirimkan, atau istilahnya “push email”.


Tentunya, Ada harga yang dibayarkan ketika anda memakai layanan ini. Indosat men-charge antara Rp 140 ribu hingga 210 ribu plus biaya excess data untuk layanan BlackBerrynya. Belum lagi harus beli gadget khusus untuk layanan tersebut.
Memang, Ada beberapa handset yang support layanan BlackBerry tanpa harus menggunakan gadget khusus BlackBerry, tapi ini hanya terbatas untuk tipe handphone Seri E Dan 9xxx untuk Nokia, serta M Dan Pxx untuk SonyEricsson. Sebuah pilihan yang sangat terbatas Dan relatif Mahal.



Nah, beberapa waktu yang lalu, sebuah protokol untuk email bernama IMAP (Internet Message Access Protocol) diciptakan, yang merupakan penyempurna dari POP (Post Office Protocol) yang sudah lama dikenal, yang biasa dipakai di Outlook.
Kelebihan IMAP ini adalah dia bisa mensinkronkan isi server dengan program email yang Kita pakai. Semisal Kita memakai Microsoft Outlook di komputer kantor untuk berkirim email, maka Kita bisa juga membuka email yang Kita kirimkan tadi di sent folder Microsoft Outlook Kita di komputer rumah, ataupun di handpone/PDA Kita.
IMAP ini kemudian mulai berkembang fasilitasnya, dengan fitur IMAP IDLE. Inilah yang memungkinkan server memberitahu sebuah email client (baca: gadget) ketika Ada email baru secara realtime. Cara kerjanya; setiap beberapa saat gadget anda (bisa handphone, pda, laptop, atau desktop) mengirim IDLE command untuk memberitahu server bahwa anda online, sehingga server bisa mem-push email baru ke gadget anda.
Bingung.....?

Yah, intinya dengan IMAP, anda bisa membuat HP anda menjadi seperti BlackBerry yang selalu bisa mendapatkan email secara realtime seperti SMS, gratis. Well, tidak sepenuhnya gratis sih, anda harus membayar akses internetnya. Tapi ini relatif murah kok, apalagi dibandingkan tarif SMS reguler. Anda juga bisa membuat hanya header email (berisi informasi judul email, sender, Dan size) saja yang otomatis terdownload, sehingga bisa memilih mana email yang perlu didownload, Dan mana yang tidak.

Handphone tipe apa yang mendukung...?

Hampir semua handphone keluaran minimal 2 tahun belakangan ini sudah mendukung IMAP. Tentunya anda diasumsikan sudah terkoneksi ke Internet melalui GPRS/3G/HSDPA. Kemudian anda bisa mengecek dengan membuka email setting di handphone anda. Ketika Ada option IMAP/IMAP4, maka berarti anda siap untuk segera memulai setting push email.

Email provider apa yang memakai protokol IMAP?

Ada beberapa, tapi saya menyarankan dengan Google Mail. Email provider ini cukup reliable dalam layanannya. Untuk penjelasan settingnya bisa anda dapatkan di sini. Bahkan anda bisa memakai domain anda sendiri untuk email (misal = anda@domainanda.com) Dan memakai Gmail sebagai email providernya dengan fasilitas Google Apps.

Comments :

0 komentar to “ ”


Posting Komentar